Rindu Ramadhan

27 Ramadhan 1434
RAMADHAN BULAN YG INDAH....!!
                RAMADHAN BULAN SERU...!!
                                RAMADHAN BULAN PENUH SILA UKHUWAH...!!


Kata-kata inilah yang selama ini kita dengar hampir di setiap waktu (Terkhusus di Bulan Ramadhan), apabila remaja muslim bertanya kepada kita tentang apa arti bulan ramadhan, mungkin kebanyakan akan menjawab dengan salah satu dari tiga kalimat di atas, kalaupun beda yah mungkin sedikit nyenggol bisa lah tapi pastinya Ramadhan itu bulan yang ngangenin bikin rindu para pecandunya hehee. Apakah benar bulan Ramadhan hanya sebatas bulan terindah, seru, penuh sila ukhuwah ? Tentu saja TIDAK brooow.

Posting ini sudah saya selesaikan tanggal 27 Ramadhan 1434 Hijriyah atau bertepatan dengan 5 agustus di tahun 2013 masehi dipending sementara karna ada kendala. Posting ini hanya bertujuan mengenalkan bagi yg belum kenal dgn bulan Ramadhan, dan memberitahu siapa yg belum tahu apa itu bulan Ramadhan.. Semoga bermanfaat

Ramadhan adalah bulan ke sembilan dalam tanggalan hijriyah ( sistem tanggalan agama islam ). Spanjang bulan ini pemeluk agama islam melakukan serangkaian aktivitas keagamaan termasuk di dalamnya puasa, shalat tarawih, peringatan turunnya Al-qur'an, mencari malam Laylatul Qodar, memperbanyak membaca Al-qur'an dan kemudian mengakhirinya dengan membayar zakat fitrah dan serangkaian perayaam Idul Fitri. Kekhususan bulan Ramadhan ini bagi aama islam tergambar pada Al-qur'an surat Al-baqarah ayat 185

Setelah umat islam mengembangkan kalender berbasis bulan, yang rata2 11 hari lebih pendek dari kalender berbasis matahari, bulan Ramadhan tak lagi selalu bertepatan dengan musim panas. Orang lebih memahami ‘panas’nya Ramadhan secara metaphoric (kiasan). Karena di hari2 Ramadhan orang berpuasa, tenggorokan terasa panas karena kehausan. Atau, diharapkan dengan ibadah2 Ramadhan maka dosa2 terdahulu menjadi hangus terbakar dan seusai Ramadhan orang yang berpuasa tak lagi berdosa. Wallahu a’lam

Jadi apa sih maknanya ?
 RAMADHAN adalah sebuah bulan yang sangat erat dengan telinga setiap muslim, bahkan semenjak kecil ki ta telah dikenalkan dengan Ramadhan, kita semua mengetahui bahwa Ramadhan adalah bulan puasa, namun sangat jarang diantara kita yang mengerti apa arti Ramadhan dan makna yangterkandung dari kata “Ramadhan”itu sendiri.Ramadhan secara leksikal berarti : membakar, amat panas. Penyebutan bulan Ramadhan -bulan ke-9 pada kalender Hijriah- sesuai dengan kondisi cuaca pada bulan tersebut.”
Kita patut bangga menyaksikan semangat beribadah yang timbul saat bulan Ramadhan tiba, namun dalam kebanggaan tersebut kita lebih patut lagi bersedih karena fenomena yang ada adalah seakan-akan masyarakat kita menyembah Ramadhan dan bukan menyembah Tuhannya. Ramadhan, kalau memang kita menyembah Tuhannya Ramadhan maka tidak sepatutnyalah kita bermalas-malasan beribadah di luar bulan Ramadhan tersebut.


           Ramadhan secara leksikal ( Opini Awam ) diartikan : membakar dosa, amat panas. Penyebutan bulan Ramadhan -bulan ke-9 pada kalender Hijriah- sesuai dengan kondisi cuaca pada hampir tiap bulan tersebut.” Kita patut bangga menyaksikan semangat beribadah yang timbul saat bulan Ramadhan tiba, namun dalam kebanggaan tersebut kita lebih patut lagi bersedih karena fenomena yang ada adalah seakan-akan masyarakat kita menyembah Ramadhan dan bukan menyembah Tuhannya. Ramadhan, kalau memang kita menyembah Tuhannya Ramadhan maka tidak sepatutnyalah kita bermalas-malasan beribadah di luar bulan Ramadhan tersebut. 

          Di bulan ini juga bulan di mana para syetan di belenggu dengan rantai yang maknanya yaitu sebagai tanda bagi para malaikat akan masuknya bulan Ramadan, agar mereka mengagungkan kesuciannya dan melarang para setan mengganggu kaum beriman. Kemungkinan juga (maknanya) sebagai simbol banyaknya pahala dan pengampunan. Dan berkurangnya gangguan setan, sehingga seakan-akan mereka dibelenggu. Biar lebih jelas tentang makna diatas langsung klik ini aja..

         Jadi banyak sekali hikmah yg bisa kita ambil dan tentunya akan membuat kita makin rindu dgn bulan ramadhan yg sayang sekali untuk di lewatkan, Sooo...

=> MISS ROMADHAN
   => LOVE ROMADHAN
      => SAVE ROMADHAN

Thank's for reading   (@_@)                                                                   Find me On Twitter(Hafiz_Tflq)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Belajar KEhidupan dari Seekor Laron

Inside Ukhuwah Islamiyah

Manfaat Gelang Kokka untuk Kita Semua