Piala Dunia di Mata Indonesia






Piala Dunia 2014 segera digelar di Brasil pada Juni mendatang. Kendati Timnas Indonesia tidak ikut berlaga di ajang sepakbola sedunia itu, auranya kemeriahan tetap terasa. Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pun mendapat kehormatan untuk memegang langsung trofi tersebut. We O We banget kayaknya, tapi masih ada yang lebih WOW lagi yaitu sejarah sang Piala Dunia sendiri.

Sebagai piala bergulir sang trofi memiliki banyak sejarah yang penting dicatat sebagai pengetahuan bagi para penggiat sepak bola. Bicara soal negara kita, mmm masih meragukan tapi punya sejarah tersendiri. Saat itu Indonesia masih bernama Hindia Belanda.

Indonesia pada tahun 1938 (di masa penjajahan Belanda) sempat lolos dan ikut bertanding di Piala Dunia 1938. Waktu itu Tim Indonesia di bawah nama Dutch East Indies (Hindia Belanda), peserta dari Asia yang pertama kali lolos ke Piala Dunia. Indonesia tampil mewakili zona Asia di kualifikasi grup 12. Grup kualifikasi Asia untuk Piala Dunia 1938 hanya terdiri dari 2 negara, Indonesia (Hindia Belanda) dan Jepang karena saat itu dunia sepak bola Asia memang hampir tidak ada. Namun, Indonesia akhirnya lolos ke final Piala Dunia 1938 tanpa harus menyepak bola setelah Jepang mundur dari babak kualifikasi karena sedang berperang dengan Cina.
Pada tahun 1930-an, di Indonesia berdiri tiga organisasi sepak bola berdasarkan suku bangsa, yaitu Nederlandsch Indische Voetbal Bond (NIVB)yang lalu berganti nama menjadi Nederlandsch Indische Voetbal Unie (NIVU) di tahun 1936 milik bangsa Belanda, Hwa Nan Voetbal Bond (HNVB) punya bangsa Tionghoa, dan Persatoean Sepakraga Seloeroeh Indonesia (PSSI) milik orang Indonesia.Pada 5 Juni 1938, sejarah mencatat pembantaian tim Hungaria terhadap Hindia Belanda.
Mereka bermain di Stadion Velodrome Municipale, Reims, Perancis. Sekitar 10.000 penonton hadir menyaksikan pertandingan ini. Sebelum bertanding, para pemain mendengarkan lagu kebangsaan masing-masing. Kesebelasan Hindia Belanda mendengarkan lagu kebangsaan Belanda Het Wilhelmus. Karena perbedaan tinggi tubuh yang begitu mencolok, walikota Reims menyebutnya, "saya seperti melihat 22 atlet Hungaria dikerubungi oleh 11 kurcaci."Meski strategi tak bisa dibilang buruk, tapi Tim Hindia Belanda tak dapat berbuat banyak. Pada menit ke-13, jala di gawang Mo Heng bergetar oleh tembakan penyerang Hongaria Vilmos Kohut. Lalu hujan gol berlangsung di menit ke-15, 28, dan 35. Babak pertama berakhir 4-0. Nasib Tim Hindia Belanda tamat pada babak kedua, dengan skor akhir 0-6. Pada saat itu Piala Dunia memakai sistem knock-out.Meskipun kalah telak, surat kabar dalam negeri, Sin Po, memberikan apresiasinya pada terbitan mereka, edisi 7 Juni 1938 dengan menampilkan headline: "Indonesia-Hongarije 0-6, Kalah Sasoedahnja Kasi Perlawanan Gagah".
Piala Dunia, kompetisi sepakbola negara-negara di dunia, yang tergabung sebagai anggota FIFA (Federation International Football Association). Berdasarkan Kongres FIFA di Amsterdam, pada 28 Mei 1928. Kejuaraan pertama digelar di Uruguay, pada 1930 silam. 32 tim nasional berkompetisi memperebutkan gelar juara sepakbola paling bergengsi selama satu bulan, di negara yang ditetapkan FIFA sebagai tuan rumah. Sebelumnya, jarak selama tiga tahun digunakan untuk fase kualifikasi, kecuali tim tuan rumah yang mendapat hak istimewa lolos ke babak final secara langsung.


Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dan

Dwight Yorke
So, sudah tujuh puluh enam tahun Indonesia kita belum menyentuh rumput kejuaraan ini. Dengan tulisan ini diharapkan mampu memotivasi rakyat Indonesia dalam aspek olah raga. Coba lihat kembali saat Indonesia masuk untuk pertama kalinya di piala dunia pasti banyak yang belum tahu, jelas aja kalau dilihat dari kondisi sepak bola Indonesia yang belum maksimal. Walaupun Indonesia pernah masuk final, itu kan HOKI bayangkan bila saat itu negara Jepang bertanding membawa senjata di lapangan karna Jepang masih berseteru dengan Cina di perang dunia.
Indonesia menang tanpa harus menyepak bola ? 

Piala Dunia adalah event terpenting di seluruh dunia sepak bola internasional. Kejuaraan ini berlangsung empat tahun sekali, kecuali pada 1942 dan 1946. Seperti diketahui, saat itu berkecamuk Perang Dunia II yang menggemparkan seluruh belahan dunia. Dengan alasan keamanan, FIFA pun meniadakan gelaran Piala Dunia. 




walikota Reims menyebutnya, "saya seperti melihat 22 atlet Hungaria dikerubungi oleh 11 kurcaci." Karna pemain Indonesia saat itu memang berbeda postur dengan pemain Hungaria. 

"Berlomba-lombalah dalam kebaikan" Qs Al-Baqarah (148)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Belajar KEhidupan dari Seekor Laron

Inside Ukhuwah Islamiyah

Manfaat Gelang Kokka untuk Kita Semua