Kunci Menghafal Al-Qur'an Mudah

Assalamu'alaikum semua... Kali ini kita punya bahasan sulit nih, yaitu apakah benar kita kesulitan dalam menghafal Al-qur'an ?. Gambar disamping ini ketika penulis sedang prosesi wisuda tahfiz 30 juz di Universitas Lampung. “Dan sungguh, telah kami mudahkan Al Quran untuk peringatan, maka adakah orang yang mau mengambil pelajaran?” (Al Qamar: 17) Mari kita simak tulisan dibawah
..................
Subhanallah. Hanya satu kata itulah yang terucap dari sejumlah pejabat di lingkungan Pemeritah Kabupaten Bangka Barat yang hadir dalam Pembukaan Musabaqoh Tilawatil Quran (MTQ) Tingkat Kabupaten Babar 2014.



Acara pembukaan itu digelar di Masjid Raya Al Muttaqin Desa Air Gantang Kecamatan Parittiga, Kabupaten Bangka Barat, Kepulauan Bangka-Belitung, Senin (24/3/2014) kemarin.

Kalimat toyyibah ini terucap oleh mereka secara spontan penuh kagum dan haru saat panitia MTQ menampilkan hafiz cilik bernama Musa Bin La Ode Abu Hanifah (5,8 tahun) warga Pal 4 Muntok.

Anak itu duduk bersimpuh di atas panggung MTQ, dan dengan begitu fasih melafalkan ayat demi ayat Surat Makiyah dalam Al Quran. Musa yang usianya masih begitu belia, sudah mampu menghafal Al Quran hampir 26 juz.

Pejabat dari Kementerian Agama Kabupaten Bangka Barat H Abdul Rohim menyebutkan, untuk menjaga Al Quran, Allah SWT selalu memberikan kemakmuran kepada hamba-Nya, untuk hafizd (hafal) ayat-ayat Al Quran.

"Musa Bin La Ode Abu Hanifah ini, usianya baru 5 tahun 8 bulan, dengan lidahnya yang fasih, hafalan Al Quran-nya sudah mendekati 26 juz," kata Abdul Rohim dalam acara itu.


Dikutip dari regional kompas


Kok bisa ya, saya aja belum bisa menjaga yang sebagian (namun tetap berusaha) ini kok anak sekecil itu bisa yah. Yah mungkin banyak faktor yang mendukung si adek hebat ini ketika tumbuh. Ayahnya yang memang sudah hafiz atau kebiasaan yang diajarkan wallahu a'lam, yang jelas ini luar biasa.

Fakta telah dibuktikan oleh para ulama bahwa menghafal alqur'an itu lebih mudah dibandingkan dengan yang lainnya. Coba deh baca surat Al Qamar pada ayat 17, 22, 32 & 40! Allah SWT telah menyatakan bahwa Alquran telah dimudahkan untuk dihafal.

Dalam 4 ayat tersebut, bunyi dan redaksinya persis sama; yaitu tentang kemudahan menghafal Al Quran. 4 ayat berulang ini menjadi sugesti positif bagi manusia yang merenunginya bahwa Alquran memang sungguh mudah untuk dihafal.

Bila Allah telah menyatakan tentang kemudahan menghafal Alquran, lalu apa alasan dan hambatan bagi mereka yang sulit untuk menghafalnya?!

Abdullah bin Ummi Maktum adalah seorang sahabat Rasul SAW. Syekh Kisyk adalah seorang da'i terkenal asal Mesir. Keduanya buta tiada melihat, namun mampu menghafal Alquran.

Nah..., bila mereka yang buta mampu menghafal Alquran, lalu apa alasan kita yang melihat dengan terang?! Anak kecil saja mampu, bagaimana usaha kita yang sudah cukup berusia?!

Bila seorang musyrik tertarik dengan Islam karena keindahan Alquran, lalu bagaimana kedudukan Alquran di hati kita?!  Ayo hafalkan Alquran.... Hidupmu niscaya bercahaya!!!

Sebelum closing....
Saya kasih tips nih 2 hal yang harus benar-benar dijaga ketika kita menghafal alqur'an :
1. Niat (cocok dengan kutipan Ibn Sulaeman)
2. Konsistensi, tentu dalam beberapa hal : 

        Dalam mengoptimalkan waktu
Pekerjaan yang harus kita lakukan hari ini, jangan kita tunda ke esok hari. Usia itu sangat pendek. Tidak dapat diketahui kapan seseorang itu akan meninggal dunia. Karena itu, mulai saat ini segeralah mengambil keputusan untuk menghafal Al Quran. Jangan biarkan waktu dan usia kita berlalu tanpa digunakan membaca Al Quran dan mengamalkan ajaran Al Quran. Pada hari kiamat, Allah akan mempertanyakan waktu yang kita gunakan loh. Ketika itu, kita akan menyesali setiap waktu yang tidak kita gunakan untuk mengingat Allah, atau tidak membaca kitab-Nya atau tidak melakukan sesuatu untuk agama Islam

        Lepaskan Rasa Takut dan Gangguan Kejiwaaan
Sebagian peneliti menegaskan, setiap ayat Al Quran memiliki kekuatan yang unik untuk menyembuhkan. Beberapa eksperimen membuktikan, orang yang hafal Al Quran lebih jarang tertimpa penyakit, terutama penyakit kejiawaan, daripada orang-orang yang tidak hafal Al Quran. Karena itu, ketika mulai menghafal Al Quran, kita merasa baru dilahirkan. Bersediakah kita memulai proyek yang dapat mengubah kehidupan kita?

         Fase-fase Menghafal Al Quran dengan Mudah
Mulai menghafal dari surah yang kita sukai dan kita yakini mudah untuk dihafal
Dengarkan surah yang kita hafal sebanyak sepuluh atau dua puluh kali
Buka Al Quran untuk melihat surah yang kita hafal. Kita pasti merasa familiar dan lebih mudah menghafal surah itu karena surah itu sudah terekam di dalam sel-sel otak Kita setelah kita sering mendengar surah itu
Surah yang kita hafalkan diklasifikasikan ke dalam beberapa kelompok
Mulai dengan membaca kelompok ayat pertama, diulang-ulang hingga hafal
Kemudian baca berulang-ulang kelompok ayat kedua hingga hafal. Setelah itu gabungkan kelompok ayat pertama dan ayat kedua dalam bacaan kita hingga benar-benar kita hafal

          Tundukkan Kesulitan
Kesulitan terbesar dalam menghafal Al Quran adalah karena Al Quran memiliki gaya bahasa unik yang berbeda sama sekali dengan gaya bahasa manusia. Karena itu, otak mendapatkan kesulitan untuk serasi dengan gaya bahasa yang baru itu. Namun demikian, begitu Anda mulai mendengarkan Al Quran dan merenungkan setiap ayat yang kita dengarkan, disertai upaya memahami arti dan maksud ayat-ayat tersebut, kemudian kita mendengarkannya berulang-ulang. kita akan mendapatkan otak kita berinteraksi dengan Al Quran dan kita menjadi mudah untuk menghafal Al Quran.


            Tanamkan Motivasi
Manfaatkan setiap kesempatan yang kita lalui, pada siang atau malam hari. Berikan motivasi ke dalam otak kita: menghafal Al Quran merupakan pekerjaan terpenting dalam hidupku. Hafal Al Quran dapat mengubah hidupku, aku dapat dekat dengan Allah, aku akan seperti Rasulullah yang Al Quran merupakan kehidupan beliau.       

             Membaca Al Quran dengan Tartil
Di antara factor-faktor yang dapat membantu Anda dalam membaca Al Quran dalam waktu yang cukup lama, tanpa dihantui rasa bosan adalah membaca Al Quran dengan suara yang bagus dan dengan tartil. Allah SWT berfirman, 

“… dan bacalah Al Quran itu dengan tartil (perlahan-lahan).” (Al Muzzamil: 4)
Membaca Al Quran dengan menggunakan suara bagus dan agak nyaring dan dengan bacaan tartil, dapat membuat Anda merasakan manisnya bacaan dan hafalan Al Quran. Kuasailah ilmu tajwid dengan baik. Kosentrasilah terhadap setiap kalimat yang And abaca dan resapilah makna setiap ayat yang Anda baca.

DAN JANGAN PERNAH LUPA UNTUK......

Mengulang Hafalan Al Quran

Jangan lupa untuk senantiasa mendengarkan surah tertentu atau beberapa halaman Al Quran, lalu mendengarkannya kembali berulang-ulang hingga kita menghafalnya. Jika kita sudah menghafalnya, bacalah surah itu di dalam shalat. Pada malam hari, berwudhulah lalu laksanakan dua rakaat shalat tahajud. Dalam shalat itu bacalah ayat yang kita hafalkan pada siang harinya. Kita akan merasakan nikmat yang luar biasa dan merasakan manisnya iman. Ulangi sekali lagi hafalan Kita sesaat sebelum tidur dan sesaat setelah bangun tidur. Cara seperti ini dapat melekatkan hafalan Kita dia akan menjadi bagian dalam kehidupan kita sehingga tidak ada nada satu ayat pun yang kita lupakan. Selain itu, sebelum kita tidur, renungkanlah ayat-ayat yang kita baca. Hal itu dapat membuka hati dan akal kita.

Dengan dua hal yang guru saya sampaikan kepada saya yaitu niat dan konsistensi, semoga kita semua diberinya kemudahan dalam menghafal. Amin

Daftar pustaka : http://myclip.tumblr.com/post/44213599677/mantapkan-tujuan-menghafal-al-quran
                         http://regional.kompas.com/read/2014/03/25/0852293/Bocah.Umur.5.Tahun.Hafal.26.Juz.Al.Quran

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Belajar KEhidupan dari Seekor Laron

Inside Ukhuwah Islamiyah

Manfaat Gelang Kokka untuk Kita Semua