Masih Percaya Kalau Sedekah Bikin Miskin ? KUDET nih





Saudaraku seiman..

Salah satu nikmat besar pemberian Allah swt yang wajib kita syukuri adalah dibukanya kran-kran rezki kita. Ada yang mengucur deras da nada pula yang kecil. Ada yang mengambil jatah rezkinya harian, pekanan, bulanan bahkan ada yang musiman. 

Walaupun kadar rezki kita berbeda-beda antara satu sama lain. Tapi Allah swt pasti memberi kita kebutuhan sesuai kadar rezki kita masing-masing.
Apa yang telah menjadi jatah rezki kita, pasti akan sampai ke kita dengan jalan dan cara yang Allah hendaki. Dan apa yang bukan menjadi jatah rezki kita, tak akan sampai ke tangan kita walaupun kita mengejarnya dengan perasan keringat. Dan apa yang bukan rezki kita, akan berpindah tangan walaupun sudah berada di genggaman kita.

Namun yang harus kita yakini bahwa rezki yang telah sampai ke tangan kita itu pada hakikatnya merupakan titipan Allah swt.yang diabisa menambah, mengurangi atau mengambilnya kapan dia kehendaki.untuk itu mestinya kita salurkan rezki itu sesuai aturan dan kehendak-Nya.
Ketika ia meminta pinjaman yang baik (sedekah) kepada kita, maka tidak ada alas an bagi kita untuk menolaknya. Terlebih dia akan mengembangkan harta kita di akherat kelak, dengan kelipatan 700% keuntungan dan bahkan kelipatan yang tak terhitung. “ Perumpamaan orang yang menafkahkan hartanya di jalan Allah swt adalah serupa sebutir benih yang menumbuhkan tujuh bulir, pada tiap-tiap bulirnya menumbuhkan seratus biji, Allah melipat andakan (ganjaran) bagi siapa yang di kehendaki-Nya.”   (Al-Baqarah : 261)
Hmmmb, adakah tawaran yang lebih baik dari itu jika kita menyimpan harta kita di bank-bank dunia?   Bank konvensional sekalipun?   Tentu tidak ada.



Abu Laits As-sammarkandi rahimahullahpernah berkata,” Sisihkanlah dari hartamu untuk sedekah, sesuai kadar kemampuanmu banyak ataupun sedikit. Karena sedekah akan mendatangkan 10perkara yang terpuji. Yang lima diantaranya dirauh di dunia dan lima sisanya akan dikecap diakherat

Adapun lima buah kebaikan yang kita raih di dunia adalah:
·        1. Mensucikan harta
·        2. Membersihkan dosa dan kesalahan
·        3. Menolak bala’ dan sakit
·        4. Mengalirkan kebahagiaan di hatiorang-orang miskin
·        5. Mendatangkan keberkahan harta dankeluasan dalam rizki
Barangkali ada harta yang kita peroleh darijalan yang curang, bersumpah palsu dan lain seterusnya. Hal itu dapatkita sucikan dengan sedekah.tentunya setelahkita bertaubat kepada Allah swt.

Siapayang tidak ingin dosa-dosa yang telah diperbuatnya terbakar dan hangus?  Salah satu cara untuk menghapus dan kesalahan kita di masa lampau adalah dengan sedekah. Dan tentunyatidak semua dosa dan kesalahan terhapus dengan sedekah. Sedekah hanya menghapus dosa-dosa kecil yang pernah kita ukir dalam hidup kita. Adapun dosa-dosa besar tak terlepas dari tubuh kita kecuali dengan taubat dan istighfar.
Nabi Saw bersabda, “ Dan sedekah itu menghapus kesalahan seumpama air dapat memadamkanapi.”(H.R ; Tirmidzi).
Dengan demikian dosa ibarat api yang membakar tubuh kita, sedangkan peredamnya adalah sedekah yang berfungsi sebagai air dingin yang mengguyur tubuh kita.

Ehm..   diantara bentukmusibah yang tak rinagn dirasa adalah belum hadirnya jodoh disamping kita. Bagi yang belum melepas lajangnya. Yang selalu bilang lautan teramat luas bila di layari seorang diri. Hutan belantara dan alam ini teramat berat direntasi tanpa belahan hati yang menemani. Dan luka-luka di tubuh terasa begitu perih dirasa tanpaada bidadaritempat kita berbagi.
Dengan sedekah, insya allah jodoh akan mendekat dan tali pernikahanpun mudah kita ikat.
Mengalirkan kebahagiaan dan keceriaan dihati orang miskin, merupakan warna kebaikan yang paling disukai ALLAH Swt, sebagaimana sabdanya,” amalan yang paling disukai Allah addalah keceriaan yang kau alirkan di hati seorang muslim.” (H.R: Tirmidzi)
Toooh, biasanya orang yang berhutang budi tanpa dimintapun akan mendoakan orang yang berjasa dalam hidupnya dengan doa-doa yang baik. Terlebih doa orang yang berkekurangan sangat dekat untuk dikabulkan.
Tak ada sejarahnya, ornag yang banyak sedekah lalu ia jatuh miskin. Tak ada ceritanya orang yang banya sedekah, hidupnya dililit masalah dan persoalan hidup.kalaupun ada, barangkali itu sebagai ujian dari-Nya. Atau bisa jadi karena ia tidak ikhlas dan tulus dalam sedekahnya atau karena sebab lain.
Sudahkah kita sedekah hari ini ? (Hafiz_Tflq)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Belajar KEhidupan dari Seekor Laron

Inside Ukhuwah Islamiyah

Manfaat Gelang Kokka untuk Kita Semua