Ayo.. Menghafalkan Al-Qur'an


Al-Qur’an adalah kitab suci umat islam yg diturunkan oleh Allah swt kpd Nabi Muhammad saw yg sekaligus menjadi landasan hukum oleh umat islam yg pertama.

Saat ini banyak sekali pondok pesantren yg memprioritaskan hafalan al-qur’an seperti Darul-qur’an dan Darul huffaz Lampung. Hal ini ialah buah dari sabda Rosulullah saw yaitu barang siapa yg hafal Al-qur’an (30 juz) maka dia dapat memberi syafaat kpd 10 org saudaranya yg masuk neraka.

Hmmmm, betapa dahsyatnya manfaat mdari menghafal Al-qur’an..                                                         Tapi asal tahu saja,
bahwa ada beberapa ulama yg berpendapat menghafal Al-qur’an tidaklah lebih penting daripada memahami isi kandungan dari Al-qur’an ini yg didarsari pleh hadits yg berbunyi “ Sebaik-baik kalian adalh yg belajar/memahami Al-qur’an lalu mengajarkannya “ dari hadits ini dapat di simpulkan bahwa Rosulullah menganjurkan kita agar memahami Al-qur’an bukan sekedar menghafalnya.
Karna itu, semua kembali ke kita dalam cara mengartikan hadits di atas seperti apa, yang pasti, bukankah kalau seseorang menghafal Al-qur’an tanpa memahaminya lebih lanjut seperti pepatah Tongkosong Nyaring Bunyinya.. ya kan @_@

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Belajar KEhidupan dari Seekor Laron

Inside Ukhuwah Islamiyah

Manfaat Gelang Kokka untuk Kita Semua